Menampilkan Data dari Tabel MySQL dengan PHP Tanpa Coding

Sebelum memulai untuk menampilkan data dari database MySQL menggunakan PHP, pastikan anda telah mengikuti langkah sebelumnya yaitu Membuat Koneksi PHP dan MySQL Tanpa Coding. Karena bahasan ini merupakan kelanjutan dari bahasan sebelumnya. Selain itu, tanpa adanya koneksi PHP dan MySQL, kita tidak dapat manampilkan data dari database MySQL.

Langsung kita mulai saja. Langkah pertama buka
file index.php yang telah kita buat kemarin. File ini akan digunakan untuk menampilkan data user di dalam tabel.

Buka file index.php

Ganti title dengan mengetikkan kata 'Daftar User' pada kolom title. Title yang dimaksud disini adalah title yang akan muncul di title bar browser kita. Anda bisa melihat pada tab browser kita.
Ganti title

Buat judul halaman dengan mengetikkan 'Halaman Daftar User'. Judul ini yang akan muncul di halaman website kita nanti. Judul biasanya menggunakan format paragraf H1. Blok tulisan, kemudian pilih format: Hedaing 1 pada tab properties di bagian bawah lembar kerja.
Beri judul halaman

Setelah di save, coba lihat hasilnya. Dan perhatikan perbedaan antara title yang kita buat di kolom title dengan judul yang langsung kita tulis di lembar kerja.
Hasil

Kembali ke dremweaver. klik tab Bindings yang terletak disamping tab Databases. Klik tanda plus dan klik Recordset (Query). Tahap inilah yang akan menciptakan query untuk menampilkan data dari table.
Klik Recordset

Isi recordset dengan name:user, connection:koneksi, columns:all (pilih all jika ingin semua tampil, pilih selected dan pilih field yang dibutuhkan jika ingin menampilkan beberapa), filter: (karena data yang ditampilkan tidak difilter, maka kosongkan field ini, jika anda ingin memfilter maka pilih field yang akan difilter dan masukkan parameter untuk memfilter), sort:id_user,Ascending (data akan diurutkan berdasarkan id_user dari yang terkecil sampai yang terbesar).
Isi recordset

Jika Anda klik Test pada tahan sebelumnya, data yang akan ditampilkan seperti ini. Di dalam tabel user baru ada satu data user.
Test recordset

Jika recordset telah selesai, di tamb Bindings akan tampil seperti gambar berikut.
Hasil recordset

Untuk membuat perulangan dalam table, klik menu Insert -> Data Objects -> Dynamic Data -> Dynamic Table.
Klik Insert -> Data Objects -> Dynamic Data -> Dynamic Table

Pilih recordset user. Jika Anda ingin menampilkan semua data, pilih show:All. Jika ingin membatasi jumlah data, Anda dapat menginputkan jumlah yang dikehendaki dalam kolom show.
Kolom-kolom dibawahnya merupakan pengaturan untuk tabel yang akan digunakan untuk menampilkan data user. Border untuk memberikan ketebalan garis, cell padding untuk memberikan jarak antara table dan tulisan di dalamnya, dan cell spacing untuk memberikan jarak antar kolom.
Dynamic Table

Setelah di klik OK maka hasilnya akan tampak seperti berikut.
Hasi dynamic table

Karena password sangat riskan untuk ditampilkan, ada baiknya password tidak ditampilkan demi keamanan. Anda dapat mem-blok kolom password lalu klik kanan, pilih Table, kemudian Delete Column. Selain itu, tambahkan kolom setelah email untuk menuliskan menu edit dan delete. Caranya blok kolom email, klik kanan, pilih Table, Insert Rows or Column. Pilih Columns, dan klik After current Column agar kolom yang baru diletakkan setelah kolom email.
]Tambah kolom


Setelah berhasil menambahkan kolok, isi kolom dengan judul 'Aksi', dan isi dengan kata 'Edit | Delete'. Agar tabel menjadi rapi, bold tudul tabel dan atur agar rata tengah. Anda dapat menggunakan menu di tab properties di bagian bawah lembar kerja untuk melakukan semua ini. Selain itu, atur lebar kolom dengan men-drag batas kolom sesuai keinginan.
Rapikan tabel

Save dan kemudian lihat hasilnya. Untuk memastikan apakah hasil sudah benar, coba tambahkan beberapa data pada tabel user dan lihat lagi hasilnya di halaman ini.
Hasil akhir

Semoga bermanfaat :)

Buka juga : Membuat Insert Data MySQL dengan PHP Tanpa Coding

Translate

Flag Counter

free counters
Desi Meirina. Diberdayakan oleh Blogger.

Histats