Membuat Kabel Straight...

Kabel UTP atau Unshielded Twisted Pair atau Ethernet Cable atau kita biasa menyebutnya dengan kabel LAN adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan antar peralatan yang berhubungan dengan computer network (komputer, hub, switch, router). Kabel ini bentuknya seperti kabel telefon, hanya lebih besar. Yang dimaksud dengan kabel UTP adalah hanya kabelnya, sedangkan kepala kabelnya adalah 8 position modular connectors (8P8C) yang biasa disebut RJ-45 (RJ=register jack.

Pembuatan kabel straight

untuk membuat kabel diperlukan alat2 sebagai berikut
 :

Kabel UTP (panjang secukupnya)


RJ-45 (8P8C modular jack)


Crimp tool (untuk motong kabel dan masang RJ-45)

Cable tester (tentunya untuk ngetes kabel)

LANGKAH LANGKAH PEMBUATAN....
# Kupas bungkus kabel, akan terlihat 8 kabel kecil warna-warni, cukup, ga usah dikupas lagi sampai terlihat kabel tembaganya (untuk ngupas bisa pakai crimping tool atau gunting/silet/cutter,dkk)
# Urutkan kabel sesuai urutan yang diinginkan,urutan kabel straight adalah Orange Putih, Orange, Hijau Putih, Biru, Biru Putih, Hijau, Coklat Putih, Coklat.
# Tempelkan kabel2 sesuai urutan secara mendatar (pegang aja pake tangan, bukan di lem/solatip)
# Potong sekaligus dengan crimping tool hingga ujung2 kabel segaris
# Masukkan ujung2 kabel kedalam RJ-45
# Dorong2 kabel masuk RJ45 sampai terasa benar2 masuk/mentok
# Gunakan crimping tool untuk memasang RJ-45: cari lobang di cripting tool yang pas untuk kepala RJ-45, masukkan RJ-45(yang sudah dimasuki kabel) kedalam lobang itu, tekan cripting tool sampai terdengar "klik"

0 komentar:

Translate

Flag Counter

free counters
Desi Meirina. Diberdayakan oleh Blogger.

Histats